Anak zaman sekarang jika ditawari dibelikan mainan atau buku, kebanyakan memilih mainan. Kenapa? karena dari kecil anak tidak dikenalkan dengan buku. Siapa yang disalahkan, orangtua atau anak?

Menumbuhkan minat baca pada anak, tidak hanya berguna untuk menyiapkan anak belajar membaca. Tetapi juga berguna untuk menumbuhkan kecintaan anak pada buku dan ilmu. Diharapkan anak yang cinta buku, akan mencintai ilmu.

Dengan ilmu anak akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas untuk menghadapi problema kehidupan.
Berikut ada tips menumbuhkan minat baca :

1. Ciptakan perpustakaan di rumah :

Sediakan rak buku sederhana di rumah, isi dengan buku anak-anak, majalah, surat kabar, komik, novel. Usahakan buku yang sifatkan mendidik.

2. Buat tokoh tauladan bagi anak :

Jika anak mau membaca, orangtua harus menjadi contoh.Di waktu senggang saat kumpul dengan anak-anak, biasakan orangtua membaca, kemudian diskusikan pada mereka. Ingatlah bahwa anak adalah peniru ulung. Ia akan meniru setiap aktivitas orangtua.

3.Jadikan buku nomor satu :

Misalkan kita memuji saat anak sedang membaca. Boleh juga memberikan hadiah buku saat ulang tahun atau juara kelas.


Tips di atas kuambilkan dari hasil pengalaman orangtuaku dulu saat aku masih kecil dan terbukti 100 % benar. Kini aku jadi gila buku, 10 % gajiku selalu kusisihkan untuk beli buku. Saat santai atau sebelum tidur aku selalu membaca buku walau hanya 10 menit. Yang lebih gila lagi, saat buang air besarpun (maaf) kulakukan sambil baca buku. Bagaimana pendapat anda?

Blogger Template by Blogcrowds