Setiap menjelang ujian nasional, banyak siswa yang mencari bocoran soal. Mereka rela mengeluarkan lembaran uang Ujian Nasional 240408demi sebuah keinginan. Fenomena ini selalu terjadi tiap tahun. Ingat kasus sebuah SMA di Semarang, gara-gara seorang siswa percaya dengan bocoran soal, menyebabkan banyak siswa di sekolah tersebut tidak lulus. Lain lagi di Sumatra Barat, oknum guru yang baik hati menyebarkan kunci jawaban unas, akibatnya semua pihak dirugikan karena wajib melakukan ujian unas ulang. Ironis ya... smile_sniffpendidikan di negara tercinta ini....

     Padahal kalau kita mau berpikir smart, sebenarnya pemerintah sudah memberikan bocoran soal melalui SKL dan Panduan Materi. Terbukti soal ujian nasional tidak jauh berbeda dengan isi Panduan materi dan SKL. Banyak kok siswa yang lulus tanpa melakukan perbuatan curang.

     Ini ada Panduan Materi 2007/2008 untuk jenjang SD, SMP, SMA. Segera download dan pelajari, jangan lupa bagi-bagi info kepada teman-temanmu. Karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang mau berbagi kebaikan dengan orang lain. Semoga bermanfaat.

Ini linknya dan jangan lupa passwodnya walangijo :

Panduan Materi 6 SD

Panduan Materi 9 SMP

Panduan Materi 12 SMA IPA

Panduan Materi 12 SMA IPS

Blogger Template by Blogcrowds